Rabu, 08 November 2017

Filled Under:

MENGAPA MEMILIH LINUX ?

Assalamualaikum pembaca yang budiman..
     Berbicara tentang Linux yang open source. sudah tepatkah kita memilih linux ? Mengapa tidak Windows saja yang sangat popular, dan mengapa tidak Max OS X yang sangat menawan itu?


Rusmanto Maryanto [rus@infolinux.co.id]
     Menurut Rusmanto Maryanto. Pertanyaan pertanyaan seperti itu tidak hanya datang dari teman atau pengamat, namun juga sering muncul dari benak kami sendiri. kami harus selalu menjawabnya dengan yakin, tidak ragu ragu, untuk memastikan bahwa pilihan kami sudah benar.  Windows dan Mac OS X sama sama sistem operasi bagus, namun tidak cocok buat kami dan mungkin juga anda. berikut ini beberapa argumen yang kami miliki dan yakini kebenarannya.
     Windows, meskipun relatif mudah digunakan dan banyak pemakainya, bukan sistem operasi Open Source, sehingga kita sebagai pengguna komputer tidak bebas menggunakannya, apalagi mempelajari cara kerjanya, dan tentu tidak bisa mengembangkannya untuk kebutuhan bisnis dan pemeritah, bahkan sekedar untuk belajar. kita tidak bisa menyebarluaskan windows masih jauh dari kebebasan dan kemerdekaan Software     
Bagaimana dengan Mac OS X? Mac OS X satu keluarga dengan Linux, yakni Varian UNIX. Mac OS X juga berbasis Open Source, Darwin dan FreeBSD. jika diumpamakan manusia, Mac OS X cantik/rupawan dipandang dan mudah digunakan, namun tidak mudah digunakan, dan di miliki. Mac OS X juga relatif aman terhadap virus dan software jahat lainnya. Sayangnya, Mac OS X tidak bebas kita gunakan, gandakan, dan kembangkan, karena tidak lagi sepenuhnya Open Source.

     Setelah dunia teknologi diguncang akibat imbas merosotnya ekonomi dunia, E*Trade technology Chief, Lee Thompson, membutuhkan cara lain untuk berbuat yang lebih baik.
     Pada tahun 2001 dan 2002, perusahaan perdagangan stok ONLINE menyusutkan anggarannya dengan 1:3. Thompson, vice president dan chief technologist E*Trade mengatakan, pihaknya harus mencari cara terbaik untuk menghitung tiap sen yang keluar dan mencari alternatif cara untuk mengurangi biaya. maka, lee memulainya dari menggunakan software yang dapat di-Download gratis lewat internet.
     Pada akhir 2002, lee dapat menyimpan dana sampai US$13 juta setahun karena menggunakan aplikasi yang tersedia secara Open Source. masalah dana menyebabkan beberapa perusahaan melangkah ke Open Source Software. dana dapat dipangkas dan beberapa perusahaan melihat kesempatan untuk menggunakan open source lebih kepada enterprise, kata Matt Aslett, analisa pada badan konsultan 451 Group.
     Saat software open source tersedia luas untuk membantu bisnis mereka berjalan pada Server dan Database management system, makin banyak menumbuhkan penerimaan sikap yang lebih luas lagi pada area kolaborasi, customer relation management, dan supply chain management.

UKM POLICY PNL

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

WEBSITE TERKAIT

  • Copyright © UKM-POLICY PNL™ is a registered trademark.
    Designed by | Ballcoders